Sabtu, 26 September 2015

Contoh RPP SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     :         SMA Negeri 5 Pamekasan
Mata Pelajaran           :         Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            :         SMA Kelas XI/ Semister 1
Materi Pembelajaran :          Iman Kepada Rasul-rasul Allah
Alokasi Waktu            :         20 Menit (1x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Meningkatkan Keimanan Kepada Rasul-rasul Allah

B.     Kompetensi Dasar
1.1.   Menjelaskan Tanda-tanda Iman kepada Rasu-rasul Allah.
1.2.   Menjalaskan Contoh-contoh Perilaku Beriman Kepada Rasul-rasul Allah.
1.3. Menampilkan Perilaku yang Mencermenkan beriman kepada Rasul-rasul Allah dalam sehari.

      C.  Indikator Pencapaian Hasil Belajar
          2.1.   Mampu Melakukan tantang Beriman kepada Rasul-rasul Allah.
          2.2.   Mampu mengedetifikasi tantang Beriman kepada Rasul-rasul Allah.
          2.3.   Mampu menunjukkan contoh-contoh Beriman kepada Rasul-rasul Allah.


     D. Uraian Materi Pembelajaran
           Materi pokok : Beriman Kepada Rasul-rasul Allah”

           Uraian materi pokok :
1.      Pengertian Iman kepada Rasul-rasul Allah
2.      Tanda-tanda Beriman kepada Rasul-rasul Allah
3.      Contoh Perilaku Beriman Kepada Rasul-rasul Annah

     E. Pengalaman Belajar
Ø  Membaca buku sumber tentang iman kepada Rasul-rasul Allah yaitu buku pendidikan Agama Islam SMA kelas XI.
Ø  Mendiskusikan pengertian Beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Ø  Menunjukkan contoh-contoh perilaku Beriman kepada Rasul-rasul Allah.
         
     F. Media Pembelajaran
          1. alat
          2. sumber bahan : buku pendidikan Agama Islam SMA kelas XI.

G. Skenario Pembelajaran
          a. pendahuluan
1.    pembacaan do’a.
2.    apersepsi dan motivasi belajar.
3.    menyampaikan tes awal (pre test ).

          b. kegiatan inti
1.    Membaca, mendiskusikan, dan tanya jawab tentang materi pembelajarandalam buku pendidikan  Agama Islam SMA kelas XI.
2.    Memberikan contoh-contoh perilaku Beriman kepada Rasul-rasul Allah’.

          c. penutup
1.    menyimpulkan materi pembelajaran.
2.    menyampaikan tes akhir ( post test ).

H. Penilaian
          a. prosedur.
             1. penilaian proses belajar melalui pengamatan, observasi dan tanya jawab.
             2. penilaian hasil belajar melalui tugas individu untuk mengerjakan soal-soal latihan.

          b. alat penilaian : lembar pengamatan dan soal-soal pilihan ganda dan esay.

                                                                                                Pamekasan, 25 Maret 2013
Mengetahui :
Kepala SMAN 5




Dra, Hj, Faridah. MM. M.Pd
Nip: 19610907 1989003 1 008
Guru Mata Pelajaran





Massawan
Nim: 18201001010310

                                                                                                           
                                                                       

                                                                                                                                                           
                                                             

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar